Harga Berlian untuk Cincin Kawin, Kenapa Mahal? 0

Berlian adalah salah satu batu mulia yang sangat cocok untuk dijadikan perhiasan dan sangat mewah untuk dijadikan cincin kawin. Berkat teksturnya yang kuat, menjadikan harga berlian cenderung mahal. Harga berlian per karat untuk diamond yang bersertifikat GIA, grade clarity VVS2, grade color G sekarang sudah mencapai Rp 61.258.888,- berdasarkan data yang diperoleh dari situs Union Diamond.

Jika Anda adalah pecinta perhiasan, tentunya Anda harus mengetahui apa saja yang menyebabkan harga berlian begitu mahal. Ada dua hal utama yang cukup berpengaruh terhadap harga berlian, yakni pencarian berlian asli dan biaya pengolahan. Berikut penjelasan selengkapnya.

cincin berlian, harga berlian

cincin berlian

Alasan Harga Berlian Per Karat Cenderung Mahal

1. Sulitnya Mencari Berlian Asli

Berlian asli berada dalam perut bumi yang sangat dalam, dan tentunya sangat sulit dijamah oleh manusia. Perlu menggunakan alat berat dan jarang menggunakan tenaga manusia dengan manual. Selain itu, jika alat berat sudah tidak sanggup lagi, karena terlalu besar ukurannya untuk masuk ke dalam perut bumi, manusia harus melakukan dengan cara manual. Gajih Para penambang berlian juga cenderung mahal, sulitnya akses ke dalam perut bumi menyebabkan harga berlian perkarat mahal. Karena juga dapat membahayakan faktor keselamatan, jadi para pekerja penambang berlian harus sangat hati-hati.

2. Biaya Mengolah Berlian yang Mahal

Alasan kedua mengapa harga berlian per karat bisa sampai puluhan juta adalah karena ongkos mengolah berlian yang mahal. Pengerjaan mengolah berlian juga sangat sulit. Dari masih mentah (bongkahan berlian) sampai dengan berupa berlian butiran yang dipasang di cincin emas. Selain itu berlian asli juga memiliki struktur yang keras, jadi para pengerajin berlian harus dengan hati-hati mengolahnya. Jika ada berlian yang cacat maka berlian tidak dapat dijual. Itulah alasan kedua mengapa harga berlian mahal.

Beberapa alasan harga berlian per karat mahal tadi kiranya dapat sedikit menambah pengetahuan Anda tentang berlian. Jika Anda ingin membeli perhiasan dan batu berlian sebagai permatanya. Lebih baik Anda mencoba bertanya dari toko jewellery yang satu dan toko jewellery yang lain, agar Anda dapat membandingkan harga perhiasan sekaligus mengetahui harga perhiasan yang beredar dipasaran.

Jangan sampai Anda menjadi korban penipuan. Selain itu Anda juga harus dapat membedakan mana berlian asli dan mana yang imitasi. Serta Anda harus mengerti seputar sertifikasi berlian yang akan Anda beli. Ingatlah, harga berlian sangat mahal. Anda akan menyesal jika tidak memperhatikan betul tentang berlian tersebut.

Dimana Mendapatkan Sertifikat Berlian?

Berlian juga harus memiliki sertifikasi dari sumber yang jelas. Selain berpengaruh terhadap harga berlian per karat, seritifikat berlian juga akan membantu kita pada saat kita ingin menjual atau menggadaikan berlian tersebut. Anda dapat membawa belian Anda kepada lembaga sertifikasi untuk dibuatkan sertifikat.  Anda dapat menemukan lembaga sertifikasi berlian di Jakarta dan beberapa kota besar lainnya di Indonesia. Berikut adalah beberapa lembaga sertifikasi berlian di Indonesia yang mungkin suatu saat Anda butuhkan.

· Adamas Gemological Laboratory, Apartemen Istana Harmoni, Lt1/A2, Kompleks Harmoni Plaza, JL. Suryopranoto, Jakarta Pusat.

· Gemologi Labolatorium Perum Pegadaian, JL. Kramat Raya No. 162 Jakarta.

· Pusat Promosi Batu Mulia, JL.Pajajaran 123 Bandung.

· Lembaga Pengembangan dan Sertifikasi Batu Mulia, JL.Achmad Yani No.22-D Km 40 Martapura, Kalimantan Selatan.

Salah satu hal yang sangat penting untuk membeli berlian adalah dengan mengetahui tempat Anda membelinya. Belanja dengan mendatangi tokonya langsung adalah pilihan yang sangat bijak. Namun, bila Anda tak punya waktu bisa saja untuk membeli secara online, namun perhatikan kredibiltas toko tempat Anda membeli.

Save